Cerita The Jungle Book

ABLCinema.net – Film The Jungle Book sebenarnya sudah tayang pada bulan April 2016 lalu. Baru sekarang gw sempat menulis film The Jungle Book yang ternyata berhasil meraih keuntungan yang fantastis. Film The Jungle Book termasuk film 2016 yang berhasil menyedot banyak penonton dan tergolong sukses. Film The Jungle Book hampir mirip dengan kehidupan Tarzan yang menceritakan tentang bocah yang hidup di hutan bersama dengan hewan-hewan liar. Selain itu, pengisi suara dari hewan-hewan diisi oleh para artis hollywood papan atas. Berikut tim sukses dari film The Jungle Book :

Sutradara : Jon Favreau

Rilis : 15 April 2016

Genre : Adventure, Animasi

Based on : The Jungle Book by Rudyard Kipling

Distributor : Walt Disney Studios

Pemain dan Pengisi Suara :

Neel Sethi sebagai Mowgli

Bill Murray pengisi suara Baloo

Ben Kingsley pengisi suara Bagheera

Idris Elba pengisi suara Shere Khan

Scarlett Johansson pengisi suara Kaa

Cerita Singkat The Jungle Books

Seorang bocah laki-laki bernama Mowgli hidup di hutan belantara bersama keluarga serigala yang membesarkannya. Dia tinggal bersama sekawanan serigala yang dipimpin oleh Akeela. Raksha, serigala betina sudah menganggap Mowgli seperti anaknya sendiri. Bagheera seekor panther berwarna hitam selalu mengajari Mowgli bagaimana bisa bertahan di dalam hutan, berlari dan berlaku seperti serigala.

Musim kemarau panjang telah tiba, banyak mata air mulai surut. Ada salah satu sungai yang masih ada sedikit air. Sungai tersebut dinamakan batu perdamaian. Disebut batu perdamaian karena mereka telah menetapkan sebuah hukum yang harus ditaati oleh semua binatang bahwa siapa saja boleh minum di batu perdamaian dan tidak boleh saling memangsa. Saat para binatang sedang minum di sungai, datanglah seekor harimau dengan bekas luka bakar di wajahnya. Dia adalah Shere Khan. Shere Khan mencium bau manusia yaitu Mowgli. Shere Khan sangat membenci manusia. Bekas luka bakarnya merupakan akibat dari perbuatan kejam yang dilakukan manusia. Khan sangat membenci semua manusia terutama Mowgli. Khan mengancam Akeela jika batu perdamaian sudah hilang saat sungai pasang kembali, dia akan kembali membunuh Mowgli.

Mowgli di jaga oleh serigala dari harimau yang bernama Khan

Para tetua serigala berdiskusi untuk mengembalikan Mowgli ke habitatnya yaitu ke desa tempat manusia hidup. Raksha menolak keputusan Akeela karena dia sangat menyayangi Mowgli. Bagheera diminta Akeela untuk mengantar Mowgli ke desa. Ditengah perjalanan, Mowgli dan Bagheera dihadang oleh Khan. Khan mencoba menyerang Mowgli namun dihalangi oleh Bagheera. Khan pun berhasil lolos dari Khan dan terpisah dari Bagheera. Khan sangat marah karena tidak berhasil membunuh Mowgli. Khan menuju ke kawanan serigala dan membunuh Akeela. Sekawanan serigala tidak berani melawan Khan. Khan menggantikan kedudukan Akeela. Dia meminta menyebarkan kabar kematian Akeela agar Mowgli datang kembali.

Mowgli berjalan sendirian di tengah hutan. Dia kelaparan dan memetik buah di atas pohon. Buah yang dipetiknya dicuri oleh binatang sejenis tupai. Mowgli mengejar sampai ke ranting-ranting pohon yang besar. Di atas pohon dia bertemu dengan ular yang sangat besar bernama Kaa. Kaa menghipnotis Mowgli sambil melilitnya pelan-pelan. Kaa menceritakan tentang ayah Mowgli yang dibunuh oleh Khan saat Khan masuk kedalam gua untuk memangsanya. Ayah Mowgli mencoba melindungi Mowgli yang saat itu masih bayi. Ayah Mowgli menghalau Khan menggunakan “bunga merah” yang mengeluarkan cahaya dan panas sehingga melukai wajah Khan, namun ayah Mowgli meninggal dibunuh Khan. Bayi Mowgli kemudian diselamatkan oleh Bagheera dan dibawa ke sekawanan serigala untuk dipelihara. Mendengar cerita Kaa, Mowgli seperti terhipnotis dan tidak sadarkan diri. Kaa pun melilitnya semakin erat, siap untuk menyantapnya. Tiba-tiba datang seekor beruang bernama Baloo menyelamatkan Mowgli.

Saat Mowgli sadarkan diri, dia diminta Baloo untuk membantunya sebagai ganti telah menyelamatkan Mowgli dari Kaa. Baloo meminta bantuan Mowgli untuk mengambilkan madu di atas tebing untuk persiapan musim dingin Baloo. Mowgli mengambilkan madu dengan seutas tali dari pohon. Dengan pantang menyerah meskipun digigit lebah, Mowgli berhasil mengumpulkan banyak madu untuk Baloo.

Mowgli ingin terus hidup di hutan bersama teman serigala

Bagheera akhirnya menemukan Mowgli dan mengajaknya untuk pergi ke desa. Mowgli menolaknya karena dia ingin tinggal bersama Baloo. Esok paginya Bagheera dan Baloo mencari Mowgli karena tidak ada didalam gua. Ternyata Mowgli sedang menolong seekor anak gajah yang terperosok kedalam lubang. Anak gajah pun berhasil ditolong. Baloo dan Bagheera terkesan dengan perbuatan Mowgli.

Baghera meminta tolong Baloo agar Mowgli mau pergi kedesa. Semua ini demi kebaikan Mowgli karena saat ini Akeela telah dibunuh Khan dan Khan sedang memburu Mowgli. Dengan berat hati Baloo mengatakan kepada Mowgli bahwa dia tidak ingin tinggal bersama Mowgli karena persediaan madunya sudah penuh sehingga dia tidak membutuhkan Mowgli lagi.

Mowgli sangat sedih mendengar perkataan Baloo. Dia menyetujui perintah Bagheera untuk pergi kedesa keesokannya. Saat Mowgli beristirahat di atas pohon, tiba-tiba datang segerombolan kera dan membawanya ke atas tebing. Mowgli dibawa kedalam reruntuhan kuil dimana didalamnya terdapat seekor kera besar bernama King Louie yang merupakan pemimpin para kera. King Louie membujuk Mowgli agar mau membuatkan “bunga merah”, karena hanya manusia yang bisa membuatnya. “Bunga merah” merupakan ekosistem tertinggi. Dengan “bunga merah” mereka bisa menguasai hutan bersama. Mowgli menolaknya karena dia tidak bisa membuat “bunga merah”.

Kemarahan Mowgli atas kematian Akeela

Baloo dan Bagheera mengejar sekawanan kera yang membawa Mowgli. Bagheera mencoba membawa kabur Mowgli. King Louie sangat marah. Dia mengejar Bagheera, Baloo dan Mowgli dibantu sekawanan kera yang sangat banyak. Saat mengejar Mowgli, King Louie memberitahu Mowgli bahwa Akeela telah mati dibunuh Khan. Mowgli tidak mempercayainya. Dengan taktik Mowgli, King Louie terjebak dan mati tertimbun reruntuhan kuil.

Mowgli akhirnya tau dan marah bahwa selama ini Bagheera menyembunyikan tentang kematian Akeela. Akeela pun ingin segera kembali ke hutan menemui Khan. Sebelum melawan Khan, Mowgli harus mempunyai strategi. Mowgli pun pergi ke desa untuk mengambil obor api yang disebut sebagai ” bunga merah”. Dia membawa “bunga merah” berlari masuk kedalam hutan. Tanpa sengaja, percikan “bunga merah” jatuh ke daun-daun kering dan mengakibatkan kebakaran hutan.

Saat tiba di hutan, dia bertemu dengan Khan dan sekawanan binatang lainnya yang berkumpul di batu perdamaian untuk menghindari kebakaran hutan. Khan mengadu domba para binatang bahwa Mowgli membawa “bunga merah” yang bisa membunuh mereka semua. Mowgli segera melemparkan “bunga merah” kedalam sungai supaya padam. Dengan perjanjian yang telah dibuat bahwa tidak boleh memangsa di batu perdamaian, sekawanan serigala dan hewan lainnya mencegah Khan untuk membunuh Mowgli. Mowgli melarikan diri ke dalam hutan dan membuat jebakan untuk Khan. Mowgli naik ke atas pohon. Khan pun mengejarnya, namun ranting pohon Khan patah dan Khan pun mati jatuh kedalam kobaran api.

Sekawanan gajah datang membantu Mowgli memadamkan api dengan cara mengubah aliran air sungai menuju hutan yang sudah terbakar. Api pun berhasil dipadamkan. Akhirnya Raksha menjadi pemimpin sekawanan serigala menggantikan Akeela. Mowgli, Bagheera dan Baloo hidup bersama dengan damai di dalam hutan.

Cerita film The Jungle Book ini sangat keren, bagus dan ringan. Animasi hewan-hewan dibuat terlihat nyata. Durasi selama 105 menit tidak terasa karena alur cerita yang cepat, dengan bahasa yang ringan, dan karakter hewan-hewan yang lucu dan terlihat nyata. Sang sutradara berhasil mengajak penonton seakan-akan kita dibawa memasuki kehidupan hewan-hewan di hutan liar. Walt Disney memang pakarnya membuat film yang berbobot, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu tidak pernah lupa selalu disisipi pesan moral yang disampaikan didalam film ini bahwa kita bisa hidup berdampingan secara damai, berkasih sayang dengan perbedaan dan mematuhi hukum positif yang berlaku.

Jangan Lupa Share Ketemen-temen ya !

Related posts

Leave a Comment